20080703

Sapi Simmental

Sejarah Sapi SIMMENTAL
sumber : www.sapiology.com

Simmental adalah salah satu jenis sapi yang tertua, yang saat ini telah tersebar keseluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia. Catatan tertua mengenai Simental yang di temukan di Canton-Swiss pada tahun 1806, mendiskripsikan sejenis sapi berwarna belang-belang Merah dan putih, kemampuan tumbuhnya sangat tinggi, produksi susu nya baik, dan sangat tahan pada saat musim kering.

Pada awal tahun 1785 pemerintahan Swiss melarang eksport Simental, karena di Swiss populasinya makin berkurang dan mereka memerlukan Simental untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Asosiasi peternak sapi jenis Simental pertamakali didirikan pada tahun 1890 dengan nama “The Swiss Red and White Spotted Simmental Cattle Asociation”.

Pada abad ke 19 Simmental paling banak tersebar ke Eropa Timur seperti Balkan, Rusia dan terus ke belahan dunia sebelah Timur. Simmental mencapai dratan Afrika Selatan pada tahun 1895.
Guatemala pertamakali mengimport Simmental pada tahun 1897, dan ini merupakan pertamakalinya Simmental mencapai belahan dunia sebelah Selatan.
Brazil mengimport pertamakalinya pada tahun 1918 dan Argentina pada tahun 1922. Beberapa sumber menuliskan Simmental pertamakali mencapai daratan Amirika pada tahun 1887 di Illionis, 1895 di New Jersey, di New York dan Mexico antara tahun 1916 dan 1920.

Namun keberadaan Simmental di daratan Amirika tidak menonjol dan tidak menarik perhatian para peternak Amirika. Simmental mulai menarik perhatian para peternak Amirika pada tahun 1960. Pada tahun 1967 Canada mulai mengimport Simmental, Inggris, Irlandia dan Norwegia pada tahun 1970, Australia pada tahun 1972, RRT pada tahun 1976.

Nama Simmental berasal dari tempat asalnya Simmental , yaitu di Lembah Simme di Swiss, sedangkan Thal atau tal dalam bahasa Jerman (Swiss juga berbahasa Jerman) artinya adalah lembah, sehingga sapi dari lembah Simme ini lebih di kenal dengan sebutsn SIMMETAL. Bagaimana Simmental bisa sampai ke Indonesia , penulis tidak bisa menemukan literatur atau keterangan lain mengenai sejarahnya.

Jika pembaca mengetahuinya silahkan sharing demi untuk pengetahuan bersama diantara para PELONAK. Terimakasih dan salam hormat

Tidak ada komentar: